Malam Pergantian Tahun

Tahun baru lekat dengan harap-harap, doa, dan kenangan yang menyeruak muncul tak terbendung. Tetapi tidak berlaku bagi Nesa yang sedang duduk di depan layar komputernya sejak senja datang. Tidak ada waktu untuk berharap, dan mengenang waktu-waktu yang lampau. Cukup berdoa dalam hati semoga besok hidup lebih baik lagi.

Hidupnya morat-marit sejak ia ditinggal pergi kekasihnya ke dunia yang ia tak dapat gapai. Dunia yang jauh sekali. 2016 adalah tahun kepedihan. Isu-isu politik, ekonomi, suku, ras, dan agama memperkeruh keadaan. Apatis menjadi salah satu cara agar ia terlepas dari hingar bingar dunia luar, dan bekerja adalah cara bagaimana mendistraksi kepedihan. Sampai-sampai ia tidak tahu kalau beberapa hari sebelum malam pergantian tahun telah terjadi pembantaian satu keluarga, ia tidak tahu kalau beberapa minggu sebelumnya ada "Om Telolet Om" yang viral, ia tidak tahu kalau Carrie Fisher -pemeran Princess Leia di Starwars- meninggal dunia.

Di kantor teman-teman kerjanya membicarakan tentang kejadian yang sedang terjadi di luar sana. Tetapi Nesa hanya menanggapi sekenanya. Hanya mendengarkan lalu kemudian melupakannya. Baginya tidak penting mengetahui berita yang ada di luar sana. 

Deadline kerjaan numpuk dan harus dikerjakan. Tak terasa waktu cepat bergulir, dan beberapa menit lagi tahun akan berganti. Nesa masih berkutat dengan deadline kerjaannya, baginya menyelesaikan pekerjaan kantor lebih asik dari melihat kembang api yang menurutnya dapat menambah rusaknya ozon.


***

Berbeda dengan Deril. Ia sedang tertawa dengan beberapa temannya di salah satu bar yang paling ngehits di 2016. Malam pergantian tahun harus dinikmati dengan berkumpul dengan teman-teman lama, berbincang tentang pencapaian, dan resolusi di tahun selanjutnya.

Menolak tua, dan harus terus berjiwa muda. Hidup harus dinikmati walaupun banyak masalah yang terus-terusan datang. Menjadi wanita yang independen adalah jalan hidupnya. Pernah sekali menikah lalu harus bercerai menambah tekadnya untuk membuktikan kalau wanita juga punya daya. Jangan mau kalah sama kaum adam.

Deril paling up to date tentang perkembangan dunia luar. Semua isu dia tahu, Politik, ekonomi, suku, ras dan agama. Ia bahkan tau kalau beberapa hari sebelum malam pergantian terjadi bullying di Jerman terhadap warga muslim yang ternyata bukan. Ia tahu kalau Princess Leia meninggal dunia. Ia ingat pada bulan Juni lalu Bill Cunningham meninggal dunia. Ia selalu ikutan challenge yang lagi nge-trend di dunia maya, mannequin challenge, sampai Om Telolet Om.

Di kantor ia yang paling vokal dan paling up to date tentang dunia sekitar. Kamus berjalan. Eiiits tetapi walau paling vokal dan paling up to date, tidak sekalipun ia mengeluarkan isu atau gosip murahan. Anti ngomongin hal yang belum tentu benar kejadiannya.

Ia yang paling heboh saat waktu sudah menunjukan jam 12 malam. Semua resolusi sudah diingatnya dengan pasti. Tidak boleh ada yang meleset pada tahun ini.


***

Sarah duduk di atas sajadah, berdoa semoga tahun depan jodohnya datang, dan segera menikah. Bisnis online shopnya makin laris manis, dan ingin membuka toko offline di Tanah Abang. Tahun baru ia habiskan dengan ikut pengajian di Masjid Raya. Berdoa sambil memperhatikan kira-kira tahun depan model baju muslim apa yang akan mendulang banyak cuan.

Ia sekedar tahu kalau ada beberapa isu belakangan ini. Baginya isu-isu itu penting tidak penting. Yang penting online shop nya makin laris.

Di kantor ia tipe yang pengikut. Teman-temannya cabut ke pasar Mayestik di jam kerja dia turut. Pergi karaoke setelah pulang kantor juga ikut. Tetapi tetap di sela-sela cabut ke Mayestik dan pergi karaoke selalu terselip kalimat "Yuk PO sis"

***

Handphone dari masing-masing mereka berbunyi. Satu pesan di group whatsapp masuk. "Hai temans, semoga tahun depan kita semua masih bisa sama-sama", pesan dari Dinda seorang temannya yang sedang terbaring di rumah sakit.

Related Posts

1 comment


  1. Woah! I'm really enjoying the template/theme of this site. It's simple, yet effective. A lot of times it's very difficult to get that "perfect balance" between usability and visual appeal. I must say you have done a awesome job with this. Also, the blog loads very fast for me on Firefox. Exceptional Blog! gmail email login

    ReplyDelete