Merang, Bumerang, dan Berang

Seminggu ini saya sudah kepikiran mau nulis apa hari Senin nanti.

Sewaktu saya TK saya ingat nenek dan kakek saya punya peliharaan ayam kate yang kandangnya ada dua dan diletakan di belakang rumah. Setiap subuh mereka akan membuka kandang-kandang ayam kate itu, dan setiap menjelang maghrib kakek atau nenek akan mengecek apakah ayam kate itu lengkap atau sudah kembali ke kandangnya semua. 

Dari Google

Dulu kakek dan nenek saya sering membeli merang ke pasar. Gunanya adalah sebagai tempat penghangat untuk ayam-ayam kate itu, juga sebagai tempat bertelur ayam kate betina. Lalu beberapa selang kemudian saya baru tau kalau ternyata merang pada zaman dulu digunakan sebagai bahan untuk keramas.

Mengapa saya kepikiran tentang merang? Karena saya sudah jarang melihat kandang ayam, dan merang. Saya rindu membantu kakek dan nenek memberikan makanan ayam kate.

***

Bumerang. Kalau ini adalah alat berburu dan juga judul lagunya Tulus yang paling saya suka. Lagu Bumerang saya dengar pertama kali ketika menemani teman menyuci mobil barunya saat kuliah, dan kembali saya dengar seminggu sebelum saya resign dari kantor lama.



Bumerang juga nama band asal Indonesia, tapi dituliskan dengan huruf yang berbeda. Boomerang. Saya belum pernah mendengar karya mereka. Yang saya ingat band itu sangat terkenal ketika saya masih SD. Pulang sekolah mampir ke abang yang menjual poster dan melihat poster band Boomerang.

Bumerang juga mobil di game online yang pernah saya mainkan. Gunbound kalau kamu tau. Mobil ini sangat susah memainkannya, karena lemparan bumerang tergantung dengan sudut dan juga angin di dalam game. Untuk kamu yang pernah main Gunbound pasti tau betapa susahnya menggunakan Boomer sebagai mobil.

***

Berang. Bisa diartikan marah. Tapi banyak juga anak jaman sekarang yang menjadikan Berang sebagai ajakan untuk Berangkat. Tinggal ditambahkan huruf S dibelakang agar terdengar catchy "Yuk Berangs!"

Berang juga hewan. Oh itu Berang-berang deng.

***

Mengapa saya menulis Merang, Bumerang, dan Berang? Lahaciya.

Related Posts

2 comments

  1. Replies
    1. Serang bisa diucapkan ketika kita ingin menyerang lawan, atau musuh. Serang apabila ditambahkan dengan suku kata Ga, akan menjadi Serangga. Serangga adalah jenis mahluk hidup. Gitu Mbak Ajeng.

      Delete