Tawaran tempat kerja baru di tahun baru? Menarik!


Duh, baru aja awal tahun udah banyak aja plan yang mau diwujudkan! Salah satunya adalah punya tempat kerja baru, kenapa? Banyak alasannya nih, bisa:

1.      Butuh suasana baru
2.      Butuh gebetan baru
3.      Butuh posisi karier baru
4.      Butuh jumlah pemasukan baru
5.      Dan butuh-butuh lainnya

Dilema ini bakalan makin "kerasa" terutama buat yang baru lulus kuliah lalu galau mau kerja di agency atau korporat ya? Mau yang levelnya multi-nasional, se-Indonesia, atau start-up Digital ya? Atau milih jadi entrepreneur aja? Mending ditulis dulu kelebihan dan kekurangannya, lalu diseleksi deh berdasarkan tujuan hidup kita.

==============================

Kerja di agency katanya bisa jadi anak gaul ya?

Salah satu pojokan di kantor Digital Agency ternama Ibu Kota
Nggak salah juga nggak bener, lha gimana deh? Jadi gini, kerja di agency cenderung fleksibel waktu dan bebas dalam berpakaian, mau cosplay pun kalau sanggup tiap hari, boleh! Asal tau aturannya aja, nggak pakai seragam troopers Star Wars pas meeting sama klien. Banyak ketemu orang jadi kesannya gaul, sih bener! Tapi tetap tujuannya kerja bukan main mata *eh salah* main-main.

Kerja di agency yang multi-nasional pastilah lebih menyenangkan, karena SOW (Scope Of Work) & SOP (Standar Operational Procedure) pasti sudah jelas, sistem kerja yang didukung dengan fasilitas memadai juga gaya hidup fancy dan ke-barat-baratan pasti akan jadi daya tarik buat yang baru lulus bahkan untuk yang berpangalam pun. Namun, perlu diketahui juga nih, agency bertaraf multi-nasional kan karyawannya banyak, biaya operasionalnya juga besar, kemungkinan mendapat gaji besar di awal tentunya hanya "halu semata" dan kenaikan gaji pun bisa jadi agak sulit, tapi untuk ilmu dan koneksi rekan kerja akan bertebaran sih.

Bagi yang suka tantangan, alangkah lebih baik mencoba agency dengan wilayah jangkauan hanya se-Indonesia saja atau start-up, tapi biasanya tempat kerja seperti ini lebih homey, kekerabatannya cukup kuat, tapi jangan harap nggak ada konflik ya, hal ini mah biasa aja terjadi, cuma tinggal liat mana yang lebih kuat dan bertahan aja. Tapi tetap sumber ilmu akan jauh lebih banyak dibandingkan di korporat bahkan di agency multi-nasional.


Jadi karyawan di korporat denger-denger gaji fresh graduate-nya gede?

Kerja di korporat ada 2 tipe nih, yang BUMN/PNS dan Swasta. Kalau di BUMN/PNS jelas lebih asik lah ya, semua terjamin sampai hari tua setelah pensiun pun, tapi ada tapi nya nih! Harus siap bermulai dari gaji minim, tapi lagi nih tapi, tunjangannya cukup memuaskan (katanya).

Kalau kerja di korporate swasta bakalan lebih bisa nego gaji gede, apa lagi lulusan universitas ternama dengan IPK Cum Laude, wah dijamin bisa semena-mena, cuma ada kalanya saat masuk performa kita diliatin banget, klo lengah dikit, baik-baik disikat aja sama yang lain. Persaingan di korporat berlebel swasta lebih kenceng, jadi baik-baik jaga diri ya.


Ingin kaya? Jadi pengusaha aja!

Pekerjaan yang satu ini lagi hits banget dikalangan anak "millennial". Didukung pula dengan meningkatnya teknologi informatika yang mempermudah setiap transaksi dagang, plus mewabahnya social media dengan beragam aplikasi dan tools yang nggak kepikiran sama kita-kita pas dulu masih suka main kelereng sama "tak-benteng".

Hal ini juga dijadikan kesempatan buat kaula muda nih! Alih-alih dagang, bisa juga sekalian jadi buzzer atau selebgram untuk produk jualan sendiri. Bermodal kamera resolusi tinggi, kemampuan minim photoshop, dan pengetahuan sekadarnya tentang social media, bisa menjadikan bukan siapa-siapa jadi pengusaha muda terkenal yang nantinya di-endorse banyak brand lain juga.

Enaknya jadi pengusaha zaman sekarang nggak perlu mikirin modal untuk sewa tempat dan promosi, semua bisa dilakukan dengan bantuan internet. Cuma tetap sih harus punya kesabaran tinggi dan modal cukup untuk memastikan pas dagangan nggak ada yang minat, masih bisa makan setidaknya nasi hangat dan telur setengah matang.

==============================

Nah, udah kepikiran tahun baru ini bakalan milih pekerjaan atau tempat kerja yang mana? Tentunya jangan lupa ditimbang-timbang juga dari semua aspek ya: jarak, lokasi kantor, transportasi ke sananya, jobdesc-nya, dan lain sebagainya. Selamat berpikir dan jangan lupa minta petunjuk sama Gusti Allah buat ditunjukkan jalan terbaiknya ya ;)



###

Related Posts

2 comments

  1. Aku mau pindah kerja karena butuh gebetan baru, kak. Dan butuh gaji yang baru. Dan butuh suasana baru. Pokoknya butuh deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru sadar ini komen hahaha, alasan diterima kak! :D

      Delete