Pilihan Masa Depan

"Nak, habis lulus kamu segera cari kerja, lamar-lamar saja dulu dan coba semua, karena pengalaman itu penting."

~setengah tahun kemudian~

"Nah, kamu itu anak tunggal, jangan hanya kerja kerja kerja, bapak dan ibu juga butuh cucu! Mulai sekarang carilah calon pasangan dan jangan tunda-tunda menikah!"

~tiga tahun kemudian~

"Nah, kamu nikah sudah cukup lama, anakmu juga sudah sekolah dan sibuk dengan temannya, kapan kamu punya anak lagi untuk teman si kakak?"
__________________________________________

Pernah dibuat galau sama hal seperti ini di saat kamu sesungguhnya belum puas berkarya, menimba ilmj, bersosialisasi, menikmati waktu sendirian? Kamu tidak sendiri wahai pembaca bu diman pak diman :)

Kadang ego yang tinggi dan tekat yang bulat untuk mewujudkan impian baik milik pribadi atau orang lain, misal orangtua, membuat kita bimbang apa yang harus dilakukan atau dipilih dilakukan dahulu. Jawabannya simpel padahal, tanyakan pada dirimu sendiri saja, kok!

Masa depan adalah goal dari rencana impian kita dan bisa berubah sewaktu-waktu tergantu kita yang merencanakan. Lalu jalannya gimana? Yaa jalanin aja, kalau ada lubang, coba lah menghindar, kalau masih masuk ke lubang, coba bangkit dan jalan lagi tanpa harus masuk lubang yang sama.

Nggak ada perjalanan yang smooth ya dan belajarlah untuk pasrah dan ikhlas walau sulit, belajar terus. Bukankah para penemu juga harus melalui berkali bahkan beribu percobaan hingga me dapatkan sebuah kesimpulan dan jawaban?

So, kalau memang punya pilihan untuk mau meraih pendidikan dulu dan belum ingin menikah, lakukanlah! Cari beasiswa agar tidak memberatkan orangtua, kalau mau nikah aja deh udah capek kerja, ya carilah namun cari yang berkualitas agar tidak menyesal, kalay plan kita berbeda dengan harapan orangtua, cobalah bernegosiasi baik-baik dengan komitmen tetap akan menjalankan apa yang orangtua harapkan tapi setelah semua impian kita tercapai. *keliatannya simpel sih tapi pas dicoba sulit, paham kok*

Satu hal yang kita perlu ingat nih, dunia memang ujian karena isinya ujian semua, kita cuma jalanin aja dengan cermat ya :)

###

Related Posts

No comments:

Post a Comment