Hening

Seperti biasa, saya selalu penasaran dengan segala hal yang ada di dunia ini. Salah satunya adalah alasan kenapa manusia butuh keheningan.

Apakah hening adalah salah satu cara manusia lebih dekat dengan dirinya? Atau hening adalah sebuah tanda ketidaksopanan luar biasa. Secara semantik, memilih hening berarti memilih untuk tidak bersuara, namun di sini memilih hening berarti mengizinkan suara yang lain masuk. Dengan kata lain, hening memungkinkan kita mendengar lebih jelas. Hening bisa jadi adalah cara paling 'berisik' untuk melawan suara-suara yang menganggu. Hening membantu kita untuk menfilter mana yang baik dan mana yang buruk. Mana yang patut didengar dan mana yang tidak.

Di dunia yang semakin bising, suara berubah blurb yang menganggu dan hening adalah cara kita menarik diri dari kebisingan untuk menjadi lebih tenang, lebih terkontrol dan lebih perhitungan.

Seperti titik dalam sebuah kalimat, hening memungkinkan adanya jeda. Atau dalam istilah evolusi manusia, membuat kita menjadi lebih bisa berpikir reflektif.

Mungkin manusia butuh sepi, butuh hening dan kita membutuhkannya untuk menghindari bising. Lebih dari apapun.

*Ditulis sambil mendengarkan Sounds of Silence dari Simon & Art Garfunkel.

Related Posts

No comments:

Post a Comment