Nabung apa belanja ya?

Nabung untuk belanja atau tabungan masa depan ya? *duh galau*

Tenang gais, itu kegalauan hampir setiap makhluk Tuhan yang namanya MANUSIA. intinya menabung itu baik, sama kayak lagu menabung yang dinyanyiin oleh Saskia dan Geofanny bareng oma Titiek Puspa. Paling ngena pas bagian lirik ini nih:

Dari kecil kita mulai menabung
Supaya hidup kita beruntung
Mau keliling dunia ada uangnya
Juga untuk membuat istana

Ngena kan? "Mau keliling dunia ada uangnya", jujur itu jadi acuan gue saat awal fokus menabung, lho! Kenapa eh karena impian gue adalah bisa keliling dunia for sure, tapi pas sadar itu nggak semudah di permainan monopoli agak harcep gimana gitu kan >_<
*harcep=harap cemas*

Tapi diusia yang menuju hampir 30 tahun, pemikiran gue berubah nih karena mulai sadar bahwa investasi masa depan lebih penting! *waw* ya bener gais! Kita nggak tahu kan bakal hidup kayak apa, kesehatan kita akankah tanpa sakit, kebutuhan kita, dan lainnya. Nah, sekarang gue juga dibukakan mata oleh penulis paling menggugah @nenglita (follow IG gais) tentang #SurvivalGuideBookforGirls yang buku SHOPPING vs SAVING, yang mana isinya ngajarin banget bagaimana kita jadi our best financial planner and gateway. Cuma kita yang bisa dan tahu bagaimana menghandle diri kita dalam hal berbelanja dan menabung kan?

Gue share beberapa poin untuk menabung ala gue yang baru belajar nabung juga:

1. Bagi dalam 3 kategori persentase gaji atau pendapatan kita, misal: 70% untuk biaya primer, zakat, transport, dll; 20% tabungan atau biaya invest; 10% biaya senang-senang (tergantung prioritas ya)

2. Pisahkan bank untuk gaji dan tabungan

3. Gunakan kartu kredit semampu membayarnya dan selalu bayar penuh (jangan minimum ya)

4. Biasakan berpikir kayak kata mbak Citra: belanjalah apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan. (Anyway, mbak citra itu temen dan narasumber buat buku @nenglita yang gue paling suka itu tuh)

5. Jangan kehasut diskon yang tidak penting, karena itu hanya godaan semata tanpa faedah kecuali diskon di barang yang kita butuhkan

Nah, buat yang punya pemikiran sama yuk perkuat visinya dan ngelakuin misi dengan serius gais ✌

So, jangan mudah kalah dengan DISKON,
Jangan galau buat NABUNG ya!

Related Posts

No comments:

Post a Comment