Ibu Kota atau Desa?

Beberapa waktu lalu pernah terjadi perbincangan dengan beberapa teman yang sekarang sedang giat-giatnya menemukan jati diri, passion, dan pemasukkan yang lebih dengan pindah kantor atau memutuskan untuk menjadi orang kantoran. Tidak banyak yang mengatakan lebih baik balik arah ke pinggiran Kota Jakarta atau sekalian aja ke provinsi lain yang jelas sedang berkembang, seperti: Bandung, Yogya, Semarang, Surabaya, dan banyak lagi. Tapi, tidak sedikit juga yang memilih Ibu Kota Jakarta karena kagum dengan perkembangannya sebagai kota modern dan cerminan kota masa kini.



Mari gue coba bandingkan berdasarkan sudut pandang gue seorang yang awam yaaa....

Kota Jakarta, Ibu Kota Indonesia yang penuh akan pesona modernisasi, semua serba ada, teknologi terkini, gedung pencakar langit, transportasi mudah, akodomasi juga banyak, tempat makan juga bertebaran, tapi kadang mahal, jadi perlu punya banyak duit.

Pinggiran Jakarta atau luar Jakarta, harga kadang lebih murah, tapi sulit untuk mendapatkan yang dinginkan karena lokasinya jauh, masih sering ketemu warga yang konvensional atau kolot, masih memegang budaya asli jadi kalau kita pendatang, harus mau beradaptasi dengan budaya lokal, kalau kita memang sudah menjadi bagian budaya lokal tersebut, ya tentu enak.

Kalau menurut gue pribadi sih, lokasi di mana aja yang penting nggak terlalu jauh dari rumah atau tempat tinggal. Why? Soalnya:
1. Menyimpan banyak energi dari kemacetan dan jarak
2. Kalau ada apa-apa, misalnya barang ketinggalan, nggak jauh ngambilnya
3. Ada hal urgent bisa segera pulang
4. Kalau terpaksa lembur, baik keluarga di rumah mau pun diri sendiri nggak ketir atau cemas
5. Bisa jadi kuncen kantor, kalau terpaksa

Kalau kalian tipe yang suka tantangan, ada bagusnya sih mengambil risiko dari pilihan lokasi tempat kerja, misal: udah lama besar di Bandung, kerja coba ke Jakarta atau sudah dari sebelum lulus kuliah udah kerja di kota besar, mungkin coba beralih ke kota kecil di luar Jakarta, atau biasa ngantor dekat rumah coba untuk memilih lokasi kerja yang jauh. Alasannya cuma satu sih, mau tantangan lebih aja, cuma kalau buat gue pribadi, asal merasa itu sesuai dengan plan yang sekarang sedang gue jalankan, nggak masalah mau kerja di mana aja. Gimana kalau buat lo? :))

Related Posts

1 comment

  1. Jakarta itu enak buat nyari uang, dan di daerah (Bandung contohnya) enak buat buang uang kak.

    ReplyDelete