Selalu Ada Cara Untuk Menjadi Lebih Baik

Seorang teman dan guru piano saya pernah berkata
"Hari besok harus lebih baik dari hari ini. Karena sayang kalau setiap hari hanya dihabiskan dengan yang begitu-begitu aja."
Saya adalah orang yang selalu menyimpan baik kutipan-kutipan bermanfaat yang diucapkan oleh orang di sekitar. Ketika saya lupa atau mulai bergeser, saya akan mencoba mengingat-ingat kutipan apa yang pernah diucapkan oleh orang-orang di sekitar saya. Kadang saya juga sering menyampaikan quote itu di teman-teman sekeliling, bukan bermaksud untuk menggurui, tetapi bukankah membagikan nasihat baik dan bijak adalah cara kecil manusia untuk mengubah dunia menjadi lebih baik?

Dunia dan sekeliling bisa berubah seiring konsistensi yang kita terapkan. Perbuatan yang baik sebaiknya dilakukan dengan konsisten, sampai akhirnya kegiatan baik itu bukan lagi menjadi keterpaksaan, melainkan kebutuhan. Ini saya alami kala saya memulai membiasakan lari pagi, awalnya memang berat, saya memaksakan diri saya untuk berlari setiap pagi, dan akhirnya saya menemukan kesenangan. Lari bukan lagi suatu keharusan, melainkan kebutuhan.

Berjuang konsisten untuk berlaku baik bisa diterapkan pelan-pelan. Mengatur waktu yang kita punya dalam satu hari, karena waktu tak akan pernah kembali. Kalau kita bisa memanfaatkan waktu dalam sehari, ya mudah-mudahan kita bisa menjadi manusia yang tidak merugi di masa depan nanti.

Jadi, besok siap kan masuk kantor lebih pagi? Siapkan untuk mendapatkan pengalaman baru dan ilmu yang lebih banyak dari sebelumnya?

Related Posts

No comments:

Post a Comment